Sabtu, 13 April 2013

Contoh Proposal Ilmiah Jurusan Sistem Informasi



PROPOSAL ILMIAH

A.    JUDUL PENELITIAN
Aplikasi Informasi Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3

B.     PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini, ada banyak jenis-jenis katalog tergantung fungsi dan kebutuhannya. Namun pada dasarnya jenis katalog yang umum atau sering kita dengar merupakan sudah sangat familiar. Katalog dalam dunia bisnis bagaikan sebuah jembatan komunikasi antara produsen dengan konsumen.
Aneka kreasi katalog dengan desain yang menarik ditawarkan dengan harga yang bersaing. Konsumen bisa dengan cerdas memutuskan untuk membeli barang mana yang mereka suka hanya dengan membaca katalog bisnis. Hemat waktu dan efektivitas pekerjaan pun akan tercapai melalui sarana katalog (Anneahira, 2010). Ketika anda berniat untuk melakukan promosi dan ingin membuat aplikasi katalog elektronik, hal yang harus diperhatikan adalah membuat aplikasi yang user-friendly atau artinya janganlah membuat calon konsumen anda dibuat sulit untuk mengerti dalam pengoperasian aplikasi katalog yang anda buat (Anneahira, 2010). Katalog dikemas dalam bentuk multimedia yang menampilkan informasi secara jelas dan mudah dimengerti. Dalam hal tersebut membuat saya berpikir untuk membuat aplikasi katalog yang berhubungan dengan musik, karena setelah saya melihat dan mencari pada media internet masih sedikit untuk pembuatan aplikasi katalog musik untuk dijadikan peluang bisnis saat ini.
Dari permasalahan tersebutlah yang menjadikan landasan utama dalam pembuatan Penulisan Ilmiah ini. Pembuatan aplikasi sederhana ini akan diawali dengan “Aplikasi Informasi Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3”.


Batasan Masalah
Batasan masalah yang penulis ambil dari penulisan ilmiah ini yaitu perancangan aplikasi katalog yang banyak memiliki informasi tentang beberapa tampilan animasi, asal-usul dari penyanyi tersebut, dan informasi-informasi menarik untuk memikat konsumen yang ada dengan penggunaan Swish Max4 tanpa terhubung dengan konektifitas internet dan juga didukung dengan aplikasi Adobe Photoshop CS3 yang digunakan dalam pembuatan aplikasi tersebut.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk memberikan inovasi lain dalam katalog musik dan juga informasi menarik yang dapat dinikmati, tidak sekedar mendengarkan musik. Namun lebih ingin mencoba sesuatu yang simpel, baru dan unik serta memberikan tambahan inovasi baru terhadap jenis-jenis katalog yang sudah kita ketahui sebelumnya.
Metode Penelitian
Dalam menyusun dan menyelesaikan penulisan ini, penulis melakukan pencarian data dengan menggunakan metode studi pustaka, browsing di internet serta mempelajari dari buku-buku referensi yang membahas tentang pembuatan aplikasi tersebut.
Pembuatan aplikasi ini membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang digunakan saat membuat aplikasi adalah satu unit personal komputer lengkap dengan CPU, Keyboard, Mouse, Monitor dan Sound System.

Spesifikasi CPU yang lebih detail adalah :
·         Processor                     : Dual Core ES200 2.5GHz
·         Memory (RAM)          : 1 GB (APOG)
·         Hard Disk                   : 160 GB (Hitachi)
·         Video Card                 : GeForce 9300 GS

Perangkat lunak (software) yang digunakan  antara lain :
·         SWISH Max4
·         Adobe Photoshop CS3
Wave Pad Sound Editor V5.22
Sistematika Penulisan
Dalam penulisan, penelitian ini dijelaskan dalam 4 bab. Sistem penulisan bab dan gambaran isi masing-masingnya  adalah sebagai berikut :

Bab I         PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan serta sistematika penulisan.

Bab II       LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori mengenai yang berhubungan dengan katalog, musik dan software-software yang dipakai untuk membangun aplikasi informasi ini.

Bab III      ANALISA PEMBAHASAN
Menjelaskan tentang tata cara pembuatan aplikasi informasi katalog musik yang meliputi penjelasan script yang menghubungkan antar scene/halaman aplikasi, memasukkan objek ke scene/halaman, memberikan efek animasi, serta menuliskan/memasukkan script pada scene. Dengan menggunakan SWISH Max4 dan Adobe Photoshop CS3.

Bab IV      PENUTUP
Terdiri dari Kesimpulan dan Saran yang diperoleh dari pembahasan Penulisan Ilmiah.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar