PROPOSAL
ILMIAH
A. JUDUL
PENELITIAN
Aplikasi Informasi Katalog
Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3
B. PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini, ada banyak jenis-jenis
katalog tergantung fungsi dan kebutuhannya. Namun pada dasarnya jenis katalog
yang umum atau sering kita dengar merupakan sudah sangat familiar. Katalog
dalam dunia bisnis bagaikan sebuah jembatan komunikasi antara produsen dengan
konsumen.
Aneka kreasi katalog dengan desain yang menarik
ditawarkan dengan harga yang bersaing. Konsumen bisa dengan cerdas memutuskan
untuk membeli barang mana yang mereka suka hanya dengan membaca katalog bisnis.
Hemat waktu dan efektivitas pekerjaan pun akan tercapai melalui sarana katalog (Anneahira, 2010). Ketika anda berniat
untuk melakukan promosi dan ingin membuat aplikasi katalog elektronik, hal yang
harus diperhatikan adalah membuat aplikasi yang user-friendly atau artinya janganlah membuat calon konsumen anda
dibuat sulit untuk mengerti dalam pengoperasian aplikasi katalog yang anda buat
(Anneahira, 2010). Katalog dikemas
dalam bentuk multimedia yang menampilkan informasi secara jelas dan mudah
dimengerti. Dalam hal tersebut membuat saya berpikir untuk membuat aplikasi
katalog yang berhubungan dengan musik, karena setelah saya melihat dan mencari
pada media internet masih sedikit untuk pembuatan aplikasi katalog musik untuk
dijadikan peluang bisnis saat ini.
Dari
permasalahan tersebutlah yang menjadikan landasan utama dalam pembuatan
Penulisan Ilmiah ini. Pembuatan aplikasi sederhana ini akan diawali dengan “Aplikasi Informasi Katalog Multimedia
Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3”.
Batasan
Masalah
Batasan
masalah yang penulis ambil dari penulisan ilmiah ini yaitu perancangan aplikasi
katalog yang banyak memiliki informasi tentang beberapa tampilan animasi, asal-usul
dari penyanyi tersebut, dan informasi-informasi menarik untuk memikat konsumen
yang ada dengan penggunaan Swish Max4 tanpa terhubung dengan konektifitas
internet dan juga didukung dengan aplikasi Adobe Photoshop CS3 yang digunakan
dalam pembuatan aplikasi tersebut.
Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk memberikan inovasi lain dalam katalog
musik dan juga informasi menarik yang dapat dinikmati, tidak sekedar
mendengarkan musik. Namun lebih ingin mencoba sesuatu yang simpel, baru dan
unik serta memberikan tambahan inovasi baru terhadap jenis-jenis katalog yang
sudah kita ketahui sebelumnya.
Metode Penelitian
Dalam menyusun dan menyelesaikan
penulisan ini, penulis melakukan pencarian data dengan menggunakan metode studi
pustaka, browsing di internet serta mempelajari dari buku-buku referensi yang
membahas tentang pembuatan aplikasi tersebut.
Pembuatan aplikasi ini membutuhkan
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang
digunakan saat membuat aplikasi adalah satu unit personal komputer lengkap
dengan CPU, Keyboard, Mouse, Monitor dan Sound System.
Spesifikasi
CPU yang lebih detail adalah :
·
Processor : Dual Core ES200 2.5GHz
·
Memory (RAM) : 1 GB (APOG)
·
Hard Disk : 160 GB (Hitachi)
·
Video Card : GeForce 9300 GS
Perangkat
lunak (software) yang digunakan antara
lain :
·
SWISH Max4
·
Adobe Photoshop CS3
Wave
Pad Sound Editor V5.22
Sistematika Penulisan
Dalam
penulisan, penelitian ini dijelaskan dalam 4 bab. Sistem penulisan bab dan
gambaran isi masing-masingnya adalah
sebagai berikut :
Bab I PENDAHULUAN
Menjelaskan
tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode
penulisan serta sistematika penulisan.
Bab II LANDASAN TEORI
Menjelaskan
tentang teori-teori mengenai yang berhubungan dengan katalog, musik dan
software-software yang dipakai untuk membangun aplikasi informasi ini.
Bab III ANALISA PEMBAHASAN
Menjelaskan
tentang tata cara pembuatan aplikasi informasi katalog musik yang meliputi
penjelasan script yang menghubungkan
antar scene/halaman aplikasi,
memasukkan objek ke scene/halaman,
memberikan efek animasi, serta menuliskan/memasukkan script pada scene. Dengan
menggunakan SWISH Max4 dan Adobe Photoshop CS3.
Bab IV PENUTUP
Terdiri
dari Kesimpulan dan Saran yang diperoleh dari pembahasan Penulisan Ilmiah.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar